Mengapa Lensa Kamera Lebih Penting Dari Kamera?

Sekarang semua orang telah beralih ke kamera digital dan mengembangkan film terbaru mereka, sejumlah besar orang meningkatkan dari kamera lensa tetap ke DSLR atau SLD. Dibandingkan dengan semua kecuali beberapa model lensa tetap premium, kamera ini terasa lebih mahal, terutama jika mempertimbangkan biaya lensa.

Saat memilih DSLR untuk dibeli, sejumlah besar model bersaing dengan harga mulai dari sekitar $400 hingga lebih dari $8000 USD. Sangat mudah untuk menemukan model yang harganya mahal dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda telah membeli DSLR terbaik yang Anda mampu sambil melupakan lensa murah yang menyertainya. Ini adalah kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan saat membeli DSLR karena:

Rahasia kamera Digital SLR modern adalah semuanya sangat bagus.

Meskipun ada perbedaan harga antara DSLR termurah dan termahal, kualitas gambarnya serupa dan tidak dapat dibedakan untuk sebagian besar ukuran cetak biasa dan untuk dibagikan di web. Faktanya, seringkali kamera $ 800 dan $ 1600 berbagi sama sensor gambar! Ada peningkatan kualitas antara DSLR sensor yang dipotong dan DSLR full frame yang dapat Anda beli dengan anggaran minimal $2500 USD tidak termasuk lensa. Namun, lompatan tersebut tidak dapat dibandingkan dengan perbedaan kualitas antara lensa murah dan mewah. Oleh karena itu, menghabiskan lebih banyak uang untuk lensa sering kali akan meningkatkan kualitas gambar daripada menghabiskan lebih banyak untuk kamera.

Karena perbedaan kualitas gambar tidak dapat dihindari, sudah saatnya Anda harus tahu bahwa kualitas gambar tidak ada hubungannya dengan efek fotografi. Apa yang membuat gambar bagus itu rumit, tetapi aspek yang paling tidak penting adalah kualitasnya. Benar, orang menilai gambar berdasarkan banyak faktor bahwa kualitas gambar memainkan peran kecil. Lihat, misalnya, foto-foto hebat National Geographic yang dibuat lebih dari 30 tahun yang lalu. Itu masih gambar yang bagus, meskipun kamera yang digunakan lebih mampu daripada sekarang.

Lensa berperan dalam kualitas gambar, tetapi yang terpenting, lensa mengontrol visi yang Anda masukkan ke dalam gambar. Kedalaman bidang, panjang fokus, dan perspektif mengubah foto Anda secara dramatis. Memilih lensa yang tepat memberi Anda kekuatan kreatif dari semua aspek ini. Mengutip fotografer LIFE Joe McNally:

… lensa sangat penting untuk apa yang dilakukan fotografer; itu mendefinisikan apa yang kita lihat.

Untuk alasan ini, penting untuk merogoh kocek yang cukup untuk mendapatkan lensa yang sesuai dengan fotografi Anda dalam hal subjek dan gaya. Paling tidak, salah satu keunggulan terbesar DSLR adalah ada begitu banyak lensa yang bisa dipilih. Jadi, jika Anda sudah memiliki DSLR, Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah pembelian fotografi Anda berikutnya menjadi lensa. Jika Anda belum memilikinya, saran terbaik adalah memilih lensa terlebih dahulu.

Jangan hanya memilih lensa Anda berikutnya, tetapi semua lensa yang ingin Anda ambil. Mulailah dengan membeli satu dan dapatkan lebih banyak sesuai anggaran yang diizinkan. Menyewa lensa juga bisa dilakukan di saat Anda membutuhkan sesuatu untuk acara khusus. Hal yang baik tentang membeli lensa adalah mereka cenderung bertahan lebih lama daripada kamera karena teknologi optik kurang berubah. Sebagian besar lensa berkualitas menengah hingga tinggi juga meningkat nilainya dan biasanya menjadi bagian terbesar dari investasi Anda dalam fotografi, jadi pilihlah dengan bijak.

Sama seperti membeli kamera digital membutuhkan penelitian, begitu pula pemilihan lensa. Jika Anda merasa bingung dengan terminologi lensa dasar seperti panjang fokus, aperture, filter thread, supersonik, dll., maka Anda harus mulai dengan membaca panduan membeli lensa. Dengan membaca dua halaman di sana, Anda akan mempelajari semua dasar tentang lensa kamera. Jika Anda sudah mengetahui apa yang Anda cari dalam hal panjang fokus, apertur, dan jenis lensa, Lens Finder dapat menemukan dan membandingkan lensa yang sesuai dengan kriteria Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *